18 Desember 2021 10:40 am

Terinspirasi dari Startup, Rendang Mak Yus Asal Payakumbuh Raih Pemasaran Terbaik Anugerah BI Sumbar

HALUAN PADANG - Bank Indonesia Sumatera Barat memberikan penghargaan pada Rendang Mak Yus asal Payakumbuh sebagai produk UMKM dengan teknik pemasaran terbaik tahun 2021.
Rendang Mak Yus sendiri dipimpin oleh seorang pebisnis muda, Wahyu Hidayat. Buah tangannya meracik pemasaran Rendang Mak Yus yang inovatif berhasil mengantarkan makanan khas Minangkabau tersebut ke kancah internasional.

Penyerahan pengharagaan dari Bank Indonesia pada Rendang Mak Yus, Wahyu Hidayat
Penyerahan pengharagaan dari Bank Indonesia pada Rendang Mak Yus, Wahyu Hidayat

Wahyu sendiri mengaku, dirinya terinspirasi dari pola pemasaran startup kelas dunia seperti Apple, Adidas dan Nike.
"Kita menerapkan pola pemasaran ala Startup, mulai dari beriklan, produksi konten kekinian, serta video pendek yang menyentuh hati kostumer yang lebih soft selling," katanya pada Haluan Padang.
Pria yang menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Limapuluh Kota itu juga menjelaskan, teknik pemasaran demikian ternyata lebih menyentuh kostumer.
"Kita beriklan yang lebih menyentuh hati kostumer dengan mengangkat nilai dari kostumer tu sendiri dengan segmen keluarga. Mungkin dari sana Bank Indonesia melihat perbedaan dari produk kita," jelasnya.

CEO Rendang Mak Yus, Wahyu Hidayat
CEO Rendang Mak Yus, Wahyu Hidayat
Secara teori, Wahyu menuturkan bersama Rendang Mak Yus dirinya ingin menjual nilai dari sebuah produk yang lebih melekat pada kostumer, bukan lagi soal kualitas produknya.
"Semua orang bisa mengklaim bahwa produk Rendang mereka yang enak, tapi kami yang paling beda dengan menyentuh nilai kekeluargaan, tidak lagi mengangkat keunggulan dari produk itu sendiri," ucap dia.
Dengan cara demikian, produk Rendang Mak Yus bisa terjual ke sejumlah negara di Eropa, Asia dan Uni Emirat Arab.
"Penjualan kami naik dua kali lipat dengan pola pemasaran demikian. Bahkan pernah sampai ke Dubai, Belanda. Rata-rata produk kami dibeli langsung oleg WNI disana yang kemudian dijual kembali," paparnya.
Meskipun berhasil menjadi produk dengan pemasaran terbaik, namun kedepan mimpi Wahyu bersama Rendang Mak Yus lebih besar lagi. Bahkan tidak hanya sekedar penghargaan.
Mimpi yang mungkin bagi sebagian orang adalah sebuah hal yang naif, namun bagi Wahyu hal demikian bisa tercapai.
"Kedepan saya ingin Rendang ini bisa menjadi identitas masyarakat dunia, Rendang bisa hadir di setiap meja makan orang-orang di belahan dunia sana. Dengan kolaborasi, saya yakin ini bisa tercapai. Kuncinya adalah kolaborasi," pungkasnya kemudian.(*)

Sumber : Haluan Padang
Blog Post Lainnya
Ini teknik pemasaran Rendang Mak Yus untuk tingkatkan omzet saat pandemi COVID-19. "Kami tidak lagi menggunakan marketing 1.0 yang berbicara tentang dirinya". Payakumbuh (ANTARA) - Dampak pandemi COVID-19 membuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) gulung tikar tidak
Rendang Mak Yus Maksimalkan Penjualan Online Sejak Covid-19Rendang Mak Yus Memaksimalkan penjualan online di kala Pandemi Covid-19. . Penjualan secara online kian meningkat sangat signifikan dikala pandemi covid-19. "Kami tidak lagi menggunakan marketing
Bagikan Ke Temanmu
Temukan Kami Di
-
-
Metode Pengiriman
-
-
Kontak Kami
0822-8005-0123
rendangmakyus@gmail.com
Jl. Veteran No.39 Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia
dibuat denganberdu
@2024 Rendang Mak Yus Inc.