12 September 2020 2:19 pm

Rendang Tumbuk (Bakso) Mak Yus, Rasa Menggigit Kuliner Khas Kota Payakumbuh

Rendang Tumbuk (Bakso) Mak Yus, Rasa Menggigit Kuliner Khas Kota Payakumbuh
kinciakincia.com-Kreativitas kuliner di Ranah Mintang tak pernah habisnya. Soal selera, orang minang memang terkenal kreatif dan selalu inovatif. Apa yang diciptakan dari masakan Minang itu, rasanya selalu tak ketinggalan. Dan melekat di ingatan serta lidah.

Racikan bumbunya itu menghasilkan rasa yang universal. "Rasanya itu disini," kata seorang teman setelah ia menyantap sepiring rendang bakso dihadapannya. Rendang bakso yang telah lama hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, merupakan salah sati dari sekian banyak kuliner khas luak LimoPuluah ini. Sensasi rasa racikan bumbu inilah yang dihadirkan Rendang Bakso Mak Yus, Milik Entrepreneur muda Wahyu Hidayat. Teman yang mencoba rendang bakso itupun ketagihan. Menurut Wahyu Hidayat Mazin, Owner dari Rendang Mak Yus, Rendang Bakso Mak Yus salah satu kuliner khas Payakumbuh yang hadir dalam bentuk bakso.

Proses pembuatan sangat unik karena baksonya tidak menggunakan tepung sama sekali. "Rendang Bakso Mak Yus ini merupakan rendang tumbuk yang kemudian dolah menjadi seperti bakso. Bahan yang digunakan pun tidak menggunakan tepung seperti bakso sesungguhnya. Melainkan dibentuk langsung setelah daging digiling menjadi seperti bakso,"ungkap suami dari lusiana kepada kinciakincia.com, Kamis (25/12/2014). "Untuk rasa, kami menomorsatukan.

Karena soal selera. Selama ini, belum ada satupun pelanggan kami yang komplain. Dan tentu ini sangat kami jaga dan pertahankan. Kami menyadari, keunikan rendang ini yang membuat banyak orang tertarik, dan kami menyadari itu," terang Wahyu Hidayat. Dikisahkannya, usaha rendang ini berawal dari tradisi keluarga yang selalu memasak rendang bakso saat menjelang lebaran. Wahyu Hidayat selalu membawa rendang bakso buatan keluarganya ke Bandung, Jawa Barat, ketika akan kembali kuliah sehabis lebaran. "Ternyata olahan rendang bakso keluarga saya sangat disukai teman-teman dikontrakannya. saat itu saya berpikir, rendang bakso itu pasti punya pasar dan potensinya sudah terlihat, dan ini harus dikembangkan sebagai bentuk usaha," cerita wahyu. Dan cita-cita itu sekarang sudah ia realisasikan.

Sejak diwujudkan sebagai bentuk usaha beberapa bulan lalu, dengan branding Rendang Bakso Mak Yus, respon para penggemar kuliner khas Minang cukup menggembirakan. Respon positif itu datang dari masyarakat yang ada di kampung maupun di rantau. Nova(34) salah seorang penggemar rendang asal Pekanbaru, Riau, mengaku, Jika dantang ke Sumbar, satu hal yang tidak boleh dilewatkan membawa oleh-oleh kuliner Rendang Mak Yus. "Keluarga saya di Pekanbaru tak ada yang menolak jika diberi oleh-oleh kuliner khas Payakumbuh ini. Malah sering kekurangan dan rebutam." Kata Nova sembari tertawa saat dijumpai di Rumah Rendang Bakso Mak Yus, Jalan Veteran No. 39, Kota Payakumbuh. Nova mengaku, libur akhir tahun ini bersama keluarganya dihabiskan di Kota Bukittinggi dan Payakumbuh."Ini sudah jadi rutinitas," katanya.
Blog Post Lainnya
Bagikan Ke Temanmu
Temukan Kami Di
-
-
Metode Pengiriman
-
-
Kontak Kami
0822-8005-0123
rendangmakyus@gmail.com
Jl. Veteran No.39 Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia
dibuat denganberdu
@2024 Rendang Mak Yus Inc.