12 September 2020 4:03 pm

Penelitian Buktikan Nutrisi dalam Rendang Tetap Terjaga, Walau Proses Memasaknya Lama, Kok Bisa?

Penelitian Buktikan Nutrisi dalam Rendang Tetap Terjaga, Walau Proses Memasaknya Lama, Kok Bisa?
Siapa yang tak tahu rendang atau tak pernah mencoba rendang? Rendang merupakan salah satu menu makanan tradisional Indonesia, makanan ini selalu hadir di setiap acara adat Minangkabau sejak dahulu. Sudah jadi rahasia umum kalau memasak rendang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berkaitan dengan cara pembuatannya yang lama, guru besar Universitas Andalas (Unand) Padang melakukan sebuah penelitian mengenai rendang.

Seperti yang dikutip dari Antara News, dari penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa meski rendang dimasak dalam waktu lama, ternyata nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Guru Besar Unand Padang, Prof Fauzan Azima menyampaikan hal tersebut pada orasi ilmiah pengukuhan guru besar tetap dalam Ilmu Kimia Hasil Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian Unand dengan tema "Prospek Pengembangan Sumber Daya Lokal sebagai Pangan Fungsional dan Produk Lainnya". "Selama ini memasak rendang selalu dilakukan dalam waktu lama hingga berwarna coklat kehitaman, yang menjadi tanda tanya apakah nutrisinya berkurang dan berpengaruh bagi kesehatan saat dikonsumsi? Ternyata tidak berkurang," kata Prof Fauzan beberapa waktu lalu.
Fakta tersebut pun diketahui Prof Fauzan dengan melakukan penelitian terhadap sampel rendang dari seluruh wilayah di Sumatera Barat. Pertanyaan yang selama ini timbul adalah apakah memungkinkan terbentuk senyawa berbahaya pada rendang yang telah di masak lama? Lalu juga apakah warna rendang yang coklat kehitaman membahayakan kesehatan? Setelah dilakukan pengamatan, lanjut Prof Fauzan, pada waktu 30 menit pertama dari daging menjadi gulai terjadi peningkatan daya cerna protein dari 87,58 persen menjadi 91,51 persen.

Kemudian, setelah menjadi kalio daya cerna protein turun menjadi 90,31 persen. Lalu saat menjadi rendang basah turun menjadi 88,59 persen dan ketika rendang kering bewarna hitam daya cerna protein menjadi 86,39 persen. "Artinya daya cerna protein rendang hanya turun satu persen dibandingkan saat masih berbentuk daging yang belum dimasak, yang artinya proses memasak yang lama tidak merusak nilai gizi yang terkandung," ujarnya.
Blog Post Lainnya
Bagikan Ke Temanmu
Temukan Kami Di
-
-
Metode Pengiriman
-
-
Kontak Kami
0822-8005-0123
rendangmakyus@gmail.com
Jl. Veteran No.39 Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia
dibuat denganberdu
@2024 Rendang Mak Yus Inc.